Investasi Yang Cocok Bagi Pemula


Mungkin banyak yang masih beranggapan bahwa investasi merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Jangan khawatir atau ogah-ogahan dulu! Investasi memiliki segudang manfaat menuju kemapanan finansialmu di masa depan, lho. Bingung pilihan investasi apa yang cocok untuk pemula seperti kamu? Ikuti langkah-langkah memilih investasi berikut ini!
1. Tentukan Tujuan yang Ingin Kamu Raih
Sebagai pemula, kamu harus menentukan apa yang ingin kamu raih dengan investasi. Misalnya liburan ke luar negeri atau bahkan lanjut kuliah S2. Dengan menentukan tujuan sejak awal, kamu akan mendapatkan pandangan tentang berapa banyak uang yang perlu kamu sisihkan, serta berapa lama target investasi tersebut bisa terwujud.
2. Siapkan Modal untuk Investasi
Untuk mulai investasi, kamu membutuhkan modal. Namun, bukan berarti harus mengorbankan semua uang yang kamu miliki. Sebaiknya kamu mengggunakan uang yang nggak terpakai atau idle money, dan bukan dana darurat. Menyisihkan 10% pendapatan kamu tiap bulan juga bisa menjadi pilihan.
3. Pilih Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula
Salah satu jenis investasi yang sedang naik daun saat ini adalah investasi reksadana. Selain sosialisasi yang gencar dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi reksadana memang merupakan salah satu produk investasi pasar modal yang mudah dilakukan oleh pemula, serta berpotensi memberi keuntungan dalam jangka panjang. Yup, Instrumen ini juga cocok untuk kamu yang ingin berinvestasi saham tanpa perlu rumit belajar ini itu. Apa saja sih kelebihan reksadana?
• Dikelola oleh Manajemen Investasi Profesional
Manajer Investasi (MI) memiliki keahlian khusus dalam mengelola dana investor. Tugas MI adalah melayani investor serta menganalisis harga efek dan akses informasi ke pasar modal.
• Bisa Dimulai dengan Modal Terjangkau
Sebagai pemula, kamu tidak perlu khawatir dengan risiko kehilangan dana akibat salah prediksi. Apalagi nggak perlu modal besar untuk memulainya. Dengan modal Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa mulai investasi melalui reksa dana.
• Aman dan Terpercaya
Tahukah, kamu? Tingkat risiko yang tergolong rendah dari reksadana dapat memberikan keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan investasi yang dilakukan secara individu atau secara langsung di bursa efek.
Umumnya, investasi reksadana dapat digunakan sebagai alternatif pilihan investasi yang cukup baik bagi pemula yang memiliki modal terbatas. Baiknya lagi, pemantauan oleh MI akan membantumu dalam mendapatkan keuntungan maksimal. Masih ragu untuk berinvestasi selagi muda?
Previous
Next Post »